Minggu, 20 Maret 2016

Pemberantasan Sarang Nyamuk

Pemberantasan Sarang Nyamuk - Demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh Virus Dengue yang penularannya diperantarai oleh nyamuk Aedes Aegepty. Penyakit ini tidak akan menular tanpa ada gigitan nyamuk, dimana nyamuk tersebut menggigit terutama pada pagi hari dan sore hari dan berkembang biak di tempat genangan air jernih.

Sarang Nyamuk


Pemerintah sudah melakukan program pemberantasan maupun pencegahan nyamuk demam berdarah dengue dengan melakukan pembasmian nyamuk Aedes Aegpty yang berperan sebagai pembawa virus dengue. Ada banyak metode yang bisa dilakukan untuk mengendalikan jumlah nyamuk, yang dianggap tepat dan efektif.Pengendalian nyamuk ini bisa dilakukan baik dengan pengendalian lingkungan, pengendalian secara biologis dan kimiawi. Semua upaya ini dilakukan agar kasus demam berdarah bisa mengalami penurunan atau bahkan tidak lagi ditemukan.

Untuk mencegah DBD, mari kita melakukan pemberantasan sarang nyamuk secara serempak dan terus-menerus dengan cara :

  • Menguras bak mandi
  • Membersihkan lingkungan dari wadah-wadah yang berserakan
  • Menutup rapat penampungan air jernih dan memproteksi diri sendiri dari gigitan nyamuk.

Fogging hanya dilakukan bila ada penderita Demam Berdarah Dengue. Fogging hanya membunuh nyamuk dewasa, sedangkan telur dan jentiknya tidak akan mati. Fogging yang terlalu sering akan menimbulkan pencemaran lingkungan dan membuat nyamuk kebal.Pencegahan Demam Berdarah > http://masihakudisini.blogspot.com/2016/03/hit-obat-nyamuk.html

Pengendalian Secara Biologis 

Upaya mengendalikan nyamuk juga tidak hanya dilakukan dengan program lingkungan seperti 3M saja ya Mak. Upaya lainnya juga dilakukan secara biologis yaitu dengan memanfaatkan hewan atau tumbuhan yang bisa. Cara yang dianggap paling efektif adalah dengan memelihara ikan cupang yang dimasukkan ke dalam kolam. Ikan cupang ini bisa memakan jentik-jentik nyamuk yang ada dalam tempat penampungan air atau kolam.
http://ade07.xayo.net/?q=node/4
http://rederictblog.blogspot.com/2016/03/penyakit-berbahaya-akibat-gigitan-nyamuk.html
http://reviewme.onlinewebshop.net/cegah-penyakit-demam-berdarah/

0 komentar:

Posting Komentar